HTML dan CSS: Dua Teknologi yang Wajib Diakrabi Calon Desainer Web

24 April 2014
Dibandingkan dengan teknologi-teknologi lain yang ada di belakang web (baca: www, World Wide Web), HTML dan CSS mungkin yang paling mudah dipelajari. HTML bukanlah bahasa pemrograman seperti halnya PHP, JSP, atau Javascript, tetapi ia merupakan bahasa tanda (Hypertext markup language) yang digunakan untuk membuat struktur dokumen web itu sendiri.

Apabila HTML berurusan dengan apa yang akan ingin kita tampilkan pada sebuah halaman web, CSS (kependekan dari Cascading Style Sheet) berurusan dengan bagaimana halaman web tersebut akan dipresentasikan.

Jika diibaratkan dengan surat kabar, HTML digunakan untuk menyusun berita, artikel, serta fitur-fitur lain (seperti banner iklan), CSS digunakan untuk mengatur tata-letak isi surat kabar bersangkutan. Yang pertama adalah tugas redaktur, ada pun yang kedua jatah para layouter.

Pada praktiknya, dualisme pekerjaan dalam dunia jurnalistik seperti di atas, nyaris tidak kita temukan di dunia teknologi web. Umumnya, baik membuat struktur maupun mendesain tampilan dikerjakan oleh desainer web atau biasa disebut sebagai front-end designer.

Jika Anda tertarik untuk terjun dalam dunia per-website-an, khususnya menjadi pembuat/desainer halaman web, HTML dan CSS sama-sama wajib Anda akrabi dan kuasai.

HTML dan CSS tidaklah sulit untuk dipelajari, seperti yang saya utarakan di awal tulisan. Kita bisa mulai belajar HTML dan CSS melalui buku-buku yang dengan mudah dapat kita peroleh di toko-toko buku terdekat.

Sebelum memutuskan membeli buku-buku tersebut, ada baiknya kita memperhatikan isi serta tahun terbitnya. Teknologi-teknologi di balik website berkembang relatif pesat. Informasi-informasi yang kita dapatkan beberapa bulan lalu, sangat mungkin tidak dapat lagi kita aplikasikan hari ini.

Memperhatikan aktualitas isi buku dapat memastikan bahwa kita mempelajari teknologi-teknologi terbaru, bukan yang sudah out of date alias ketinggalan jaman.

Selain melalui buku, kita dapat pula belajar HTML dan CSS melalui artikel-artikel yang telah ditulis orang lain di internet. Di internet, artikel seperti ini tidak terhitung jumlahnya. Setiap hari, ada saja blogger atau anggota forum yang memosting tips serta tutorial HTML dan CSS ini.

Sama halnya dengan buku, pun sangat dianjurkan kita memperhatikan tanggal saat artikel-artikel tersebut ditulis. Hal ini dilakukan dengan tujuan yang sama; memastikan aktualitas informasi yang akan kita pelajari.

Webplatform, developer.mozilla.org, dan reference.sitepoint.com adalah beberapa contoh alamat tempat Anda akan memulai karir sebagai desainer web.

Untuk menemani petualangan tersebut, Anda dapat memanfaatkan layanan-layanan (yang juga disajikan secara online) seperti Dabblet atau Liveweave. Melalui Dabblet dan Liveweave ini, kita dapat secara langsung mempraktikkan apa yang sedang kita pelajari dan melihat hasilnya saat itu juga, tanpa perlu mengunakan text editor seperti Notepad++ atau Dreamweaver. Insya Allah, belajar pun menjadi lebih mengasyikkan.