Cara menampilkan Script PHP pada Web Browser

27 Mei 2014
Tulisan ini saya buat berdasarkan pertanyaan salah satu sahabat Jurnal Sagala mengenai "Cara menampilkan script PHP pada web browser". Kalimat tersebut sebenarnya kurang tepat karena yang dimaksud adalah"Cara menampilkan teks pada web browser menggunakan script PHP". Hal ini saya ketahui setelah menyimak maksud beliau secara rinci yang dikirim via email.
Sebelum saya jelaskan langkah-langkahnya, ada baiknya terlebih dahulu dipahami istilah-istilah yang berkaitan dengan web browser, HTML, dan PHP.

Web Browser

Web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang berfungsi untuk menjelajah dunia maya (internet). Dalam bahasa Indonesia browser disebut dengan istilah peramban. Umumnya browser dapat bekerja di semua platform Sistem Operasi. Adapun Web browser yang sering dipakai oleh para pengguna antara lain:
  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Opera termasuk Opera Mini dan Opera Mobile
  4. Internet Explorer
  5. Safari
  6. Maxthon
  7. Rockmelt
  8. Sea Monkey
  9. DeepNet Explorer
  10. Avant Browser

HTML

HTML (Hiper Text Markup Language) adalah "bahasa ibu" dari browser yang dapat menampilkan beragam informasi pada internet. Apa yang Anda lihat di sebuah halaman web pada internet adalah browser yang merepresentasikan HTML. Untuk melihat kode-kode HTML caranya sangat mudah, klik kanan pada browser kemudian pilih View page source.

PHP

Seorang yang sedang belajar PHP umumnya diawali dengan pertanyaan "Apa itu PHP? dan bagaimana PHP bekerja?" Hal ini tentu sangat wajar karena dengan memahami istilah-istilah PHP dapat mempercepat proses pembelajaran.

Awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page" tetapi kini berubah secara rekursif menjadi PHP: Hipertext Preprocessor. PHP adalah sebuah bahasa pemrograman web yang dapat menampilkan informasi baik secara statis maupun dinamis. Kode-kode PHP tidak bisa dilihat langsung melalui web browser seperti halnya kode HTML menggunakan "View page source".

Secara garis besar, Apa perbedaan HTML dan PHP? Perhatikan ilustrasi percakapan antara client dan server berikut.

Percakapan #1:
Client: "Halo Server! Saya ingin melihat halaman HTML.
Server: "Halo Client! Silakan, ini halaman yang Anda minta.

Percakapan #2:
Client: "Halo Server! Sekarang saya ingin melihat halaman PHP.
Server: "Halo Client! Tunggu sebentar ya, saya akan meproses permintaan Anda terlebih dahulu. Ok, halaman yang Anda minta sudah saya tampilkan dalam format HTML.

Percakapan pertama menjelaskan tentang HTML sedangkan percakapan yang kedua menjelaskan PHP. HTML dapat diakses langsung melalui web browser sedangkan PHP membutuhkan bantuan web server

Bagaimana cara menampilkan informasi pada web browser dengan HTML dan PHP? Silakan simak penjelasan singkat berikut. Dalam tutorial ini saya akan menampilkan kalimat "Belajar HTML dan Belajar PHP untuk Pemula".

Cara Menampilkan Teks pada Web Browser dengan HTML

  1. Buka editor teks favorit Anda misalnya Notepad, Notepad++, Comodo Edit, atau DreamWeaver.
  2. Buat file baru dengan nama file contoh.htm atau contoh.html.
  3. Tulis kode HTML berikut:

    <html>
      <head>
        <title>Belajar HTML dan PHP</title>
      </head>
       <body>
        <p>Belajar HTML dan Belajar PHP untuk Pemula</p>
      </body>
    </html>
  4. Simpan
  5. Buka file tersebut dengan cara double-click, maka otomatis browser default akan terbuka untuk menampilkan kalimat tadi.

Cara Menampilkan Script HTML pada Web Browser

Untuk menampilkan kode script HTML pada web browser, langkah-langkahnya sama, hanya saja pada langkah ketiga kode HTML diganti menjadi:

<html>
  <head>
    <title>Menampilkan Kode HTML pada Browser</title>
  </head>
   <body>
    &lt;html&gt;
    &lt;head&gt;
    &lt;title&gt;Menampilkan Kode HTML pada Browser&lt;/title&gt;
    &lt;/head&gt;
    &nbsp;&lt;body&gt;
    &lt;p&gt;Kode HTML tampil di browser&lt;/p&gt;
    &lt;/body&gt;
    &lt;/html&gt;
  </body>
</html>

Cara Menampilkan Teks pada Web Browser dengan PHP

  1. Agar script PHP dapat berjalan di komputer lokal (tanpa perlu web server), terlebih dahulu harus di-install  Apache atau XAMPP di komputer Anda. Langkah-langkah instalasi Apache dan XAMPP dapat dicari melalui mesin pencari Google. Pada contoh ini saya menggunakan XAMPP.
  2. Aktifkan XAMPP (Start Apache dan MySQL).
  3. Buat direktori baru dengan nama "tes" di dalam direktori htdocs, lengkapnya seperti ini c:/xampp/htdocs/tes.
  4. Buka editor teks favorit Anda misalnya Notepad, Notepad++, Comodo Edit, atau DreamWeaver.
  5. Buat file baru dengan nama file contoh.php
  6. Tulis kode PHP berikut:

    <?php
       echo 'Tulisan ini tampil di browser menggunakan script PHP';
    ?>
  7. Simpan file contoh.php pada direktori tadi.
  8. Untuk membuka file contoh.php tidak bisa langsung dengan cara double-click, tetapi harus membuka web browser terlebih dahulu misalnya Google Chrome. Tulis URLhttp://localhost/tes/contoh.php. Jika nama file yang tadi dibuat adalah index.php, maka nama file tersebut dapat dihilangkan menjadi http://localhost/tes/

Cara Menampilkan Script PHP pada Web Browser

Sebenarnya scipt PHP tidak bisa dilihat melalui browser, namun demikian kode PHP dapat ditampilkan dengan mengkonversi kode-kode tersebut ke dalam entitas HTML. Berikut adalah cara menampilkan script PHP pada web browser. Langkah-langkahnya sama seperti di atas hanya pada langkah ke-6 diganti menjadi:

<?php
   echo '&lt;?php';
   echo '<br />';
   echo 'echo Tulisan ini tampil di browser menggunakan script PHP';
   echo '<br />';
   echo '?&gt;';
?>

Script singkat di atas akan menampilkan sript PHP pada browser meskipun sebenarnya adalah HTML yang ditulis dalam bentuk entitas. Jika dilihat dengan "View page source", script PHP ini tidak akan terlihat.