Belajar CodeIgniter

28 Mei 2014
CodeIgniter (CI) adalah aplikasi open source framework yang dikembangkan untuk membuat website dinamis dengan PHP yang pertama kali dirilis pada 2006. Dengan CodeIgniter, website dinamis dapat dibangun lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual dari awal dengan PHP, alasannya karena di dalam CI terdapat banyak fungsi, prosedur, dan class yang siap digunakan tanpa perlu lagi membuatnya dari awal.

Sebelum sahabat belajar CodeIgniter, hal penting yang sebaiknya diketahui adalah MVC. MVC singkatan dari Model-View-Controller yakni sebuah paradigma atau metode pembuatan website yang memisahkan komponen manipulasi data, user interface, dan kontrol aplikasi.

  1. View adalah bagian yang menangani aplikasi logika untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna. Bagian ini tidak memiliki akses langsung ke bagian Model. Halaman web yang ditampilkan di browser adalah kode yang ditulis di bagian view yang dapat berupa file penuh, atau hanya potongan seperti header, sidebar, atau footer.   
  2. Model adalah bagian yang berhubungan dengan data, umumnya berupa database untuk memanipulasi data dan menerima validasi dari bagian Controller. Bagian ini tidak berhubungan langsung dengan View. Model merepresentasikan struktur data dari aplikasi yang dibuat. Intinya, di model ini memiliki banyak fungsi yang dapat melakukan retrieve, insert, update, dan delete record dari database.
  3. Hubungan antara Model dan View diatur oleh bagian Controller. Controller menerima permintaan data dari pengguna dan menentukan proses apa yang akan dikerjakan. Selain itu controller juga bertugas untuk mengambil library yang ada pada Codeigniter.

Sobat Jurnal Sagala mulai dapat belajar CodeIgniter dengan praktik langsung membuat halaman website sederhana, tetapi sebelumnya di komputer sobat harus sudah ter-install Apache atau XAMPP (cara instalasi Apache atau XAMPP dapat sobat cari melalui mesin pencari Google). Setelah itu sobat dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Download versi terbaru CodeIgniter (CI)
  2. Extract hasil download 
  3. Salin ke dalam direktori c:/xampp/htdocs jika menggunakan XAMPP
  4. Ganti nama direktori CodeIgniter sesuai keinginan (sebaiknya sesuaikan dengan nama projek)
  5. Buat file controller di dalam direktori ..application/controllers
  6. Buat file view di dalam direktori ..application/views
  7. Buat file model di dalam direktori ..application/models

File-file yang dibuat di folder models, views, dan controllers disesuaikan dengan kebutuhan dan harus berekstensi ".php". Untuk lebih jelasnya sobat dapat menyimak contoh program dengan CI berikut. Saya asumsikan pada komputer sobat sudah ter-install XAMPP dan CodeIgniter dengan nama folder c:/xampp/htdocs/belajarcodeigniter.

Contoh File View

Tulis kode-kode berikut dengan teks editor favorit sobat misalnya dengan Notepad++ atau ComodoEdit kemudian simpan dalam direktori ..application/views.

Nama file: header.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
 <head>
  <title>Belajar CodeIgniter</title>
 </head>
 <body bgcolor="#fff">
  <h1>Belajar CodeIgniter</h1>
  <p>Step by step belajar membuat website dengan CI</p>
  <hr/>
  <br />
 </body>
</html>

Nama file: content.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
 <body>
  <h2>Mudahnya Belajar CodeIgniter</h2>
  <p>Saya belajar CodeIgniter untuk membuat website dinamis</p>
  <p>Dengan <i>framework</i> CodeIgniter (CI) saya dapat membuatnya lebih cepat</p>
  <p>Gak percaya? Silakan buktikan sendiri!</p>
  <br /><br />
 </body>
</html>

Nama file: footer.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
 <body>
  <hr />
  <p>@2014 websaya.com - copyright saya sendiri<br />
  Website ini dibuat dengan framework CodeIgniter oleh saya sendiri</p>
 </body>
</html>

Contoh File Controller

Untuk memanggil ketiga file view tersebut dibutuhkan file controller. SObat dapat memulainya dengan menulis kode-kode berikut dengan teks editor kemudian simpan dalam direktori ..application/controllers.

Nama file: websaya.php

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Websaya extends CI_Controller {
 public function index()
 {
  $this->load->view('header');
  $this->load->view('content');
  $this->load->view('footer');
 }
}

Program tersebut dapat dibuka dengan browser internet misalnya Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan menulis URL pada Address Bar sesuai dengan nama direktori, dalam contoh ini adalah http://localhost/belajarcodeigniter/index.php/websaya

Selamat mencoba!