5 Tips Mudah Belajar Pemrograman Komputer

22 Juli 2017
Aktivitas membuat program biasa disebut pemrograman (komputer). Seorang programmer (atau pemrogram dalam bahasa Indonesia) merupakan orang yang pekerjaannya membuat program. Program itu sendiri adalah kumpulan instruksi atau perintah yang direpresentasikan dalam bentuk rangkaian karakter dan simbol-simbol khusus untuk mengatur supaya komputer malakukan tindakan tertentu. Karakter-karakter dan simbol-simbol tersebut kemudian diterjemahkan oleh pengompilasi (compiler)—sejenis program—supaya dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh komputer.

Program pada sebuah komputer sering disebut pula software atau perangkat lunak. Sebuah komputer tanpa program mungkin tidak lebih dari komponen-komponen elektronik yang tidak berguna.

Sebuah program umumnya dibuat menggunakan sebuah bahasa pemrograman, meksi ada pula program yang dibuat dengan memanfaatkan lebih dari satu bahasa pemrograman, seperti program-program berbasis web yang dibuat dengan PHP, Javascript, dan MySQL.

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat kita pelajari. Beberapa di antaranya ialah C++, C#, Java, PHP, Python, dan Ruby. Bahasa-bahasa pemrograman ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan suatu bahasa pemrograman tentu sangat bergantung pada kebutuhan dan tujuan dari si pembuat program; untuk apa program tersebut dibuat?

Tidak setiap orang menyukai pemrograman. Memang harus diakui bahwa kegiatan membuat program ini terkadang membosankan; menuntut kita duduk berlama-lama di depan laptop. Meski demikian, setiap pekerjaan atau profesi apa pun pada dasarnya tidak akan lepas dari apa yang disebut bosan. Seorang pesepakbola sekalipun tidak jarang dihinggapi perasaan ini, meski olahraga permainan si kulit bundar ini merupakan hobinya sejak kecil.

Anda yang ingin membuat program, sebaiknya membuang terlebih dahulu anggapan bahwa memprogram merupakan kegiatan menjemukan sejauh mungkin. Jika Anda sudah bulat memutuskan untuk mempelajari pemrograman, praktikkanlah 5 tips mudah berikut supaya kegiatan belajar Anda menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Semoga.

Silakan simak kelima tips tersebut pada video berikut ini.


Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan silakan subscribe ke channel Youtube kami.

Salam dan semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.